C# – Constants and Literals

Konstanta adalah nilai tetap yang gak bisa diutak-atik oleh program selama dijalankan. Kebanyakan juga disebut sebagai literal. Nah, konstanta bisa berupa tipe data dasar macem angka (integer), desimal (floating), karakter, atau teks (string). Ada juga konstanta dari tipe data enumerasi.

Konstanta ini diperlakukan sama kayak variabel biasa, cuma bedanya nilai mereka nggak bisa diubah setelah didefinisiin. Makanya namanya juga “konstan,” ya kan? Jadi, mereka bisa diandalkan untuk ngasih nilai tetap yang gak bisa diganggu gugat dalam program.

Integer Literals

Literal integer itu bisa berupa angka biasa atau angka heksadesimal. Ada awalan khusus buat nunjukin basisnya, yakni 0x atau 0X untuk heksadesimal, sementara buat angka biasa, gak perlu ada awalan apapun.

Literal integer ada juga sufiksnya, yang berupa kombinasi huruf U dan L. Huruf U itu artinya unsigned, dan huruf L itu artinya long. Keren, kan? Kamu bebas mau pake huruf gede atau huruf kecil, dan bisa diatur urutannya sesuka hati.

Kalo masih bingung, jangan khawatir, ada contohnya nih biar makin jelas:

212         /* Legal */
215u        /* Legal */
0xFeeL      /* Legal */

Contoh lain tentang berbagai jenis literal integer:

85         /* decimal */
0x4b       /* hexadecimal */
30         /* int */
30u        /* unsigned int */
30l        /* long */
30ul       /* unsigned long */

Floating-point Literals

Literal floating-point itu punya beberapa bagian, yaitu angka bulat (integer part), titik desimal (decimal point), angka pecahan (fractional part), dan bagian eksponen (exponent part). Kamu bisa nunjukin angka floating-point baik dalam bentuk desimal ataupun eksponensial.

Berikut contoh-contoh seru dari literal floating-point:

3.14159       /* Sah-sah aja */
314159E-5F    /* Ini juga sah-sah aja */
510E          /* Nah, ini gak boleh: eksponen belum lengkap tuh */
210f          /* Waduh, ini gak boleh: gak ada titik desimal atau eksponen */
.e55          /* Yaaah, ini gak boleh: angka bulat atau pecahan ilang */

Kalo kamu mau nunjukin dalam bentuk desimal, penting banget buat nambahin titik desimal, eksponen, atau keduanya; kalo dalam bentuk eksponensial, jangan lupa ada bagian angka bulat, pecahan, atau keduanya. Eksponen yang ada tanda plus atau minusnya, ditandai dengan e atau E.

Character Constants

Literal karakter diapit tanda kutip tunggal. Misalnya, ‘x’ dan dapat disimpan dalam variabel sederhana tipe karakter. Literal karakter dapat berupa karakter biasa (seperti ‘x’), urutan escape (seperti ‘\ t’), atau karakter universal (seperti ‘\ u02C0’).

Ada karakter tertentu di C# jika diawali dengan garis miring terbalik. Mereka memiliki arti khusus dan digunakan untuk mewakili seperti baris baru (\ n) atau tab (\ t). Berikut, adalah daftar dari beberapa kode urutan pelolosan tersebut :

Escape sequenceMeaning
\\karakter \
\’karakter ‘
\”karakter “
\?karakter ?
\aAlert atau bell
\bBackspace
\fForm feed
\nNewline
\rCarriage return
\tHorizontal tab
\vVertical tab
\xhh . . .Angka heksadesimal dengan satu atau lebih digit

Contoh sederhana pake beberapa escape sequence di C#:

using System;

namespace EscapeChar {
   class Program {
      static void Main(string[] args) {
         Console.WriteLine("Hello\tWorld\n\n");
         Console.ReadLine();
      }
   }
}

Kalo kamu compile dan eksekusi kode di atas, hasilnya bakal jadi begini:

Hello   World

String Literals

Jadi, literal string itu dikasih tanda kutip dua “” atau kalo pake @””. Isinya string yang berisi karakter-karakter kayak di character literals: ada karakter biasa, escape sequences, dan universal characters.

Nah, kamu juga bisa pecahin satu baris panjang jadi beberapa baris pake string literals dan pisahin bagian-bagiannya pake spasi.

berikut beberapa contoh keren dari string literals. Ketiga bentuk ini hasilnya sama aja.

"hello, dear"
"hello, \
dear"
"hello, " "d" "ear"
@"hello dear"

Defining Constants

Konstanta didefinisikan pake keyword const. Nah, sintaksnya kira-kira gini nih:

const <data_type> <constant_name> = value;

Contoh program sederhana nih yang nunjukin cara bikin dan pake konstanta dalam program kamu:

using System;

namespace DeclaringConstants {
   class Program {
      static void Main(string[] args) {
         const double pi = 3.14159;   
            
         // constant declaration 
         double r;
         Console.WriteLine("Enter Radius: ");
         r = Convert.ToDouble(Console.ReadLine());
            
         double areaCircle = pi * r * r;
         Console.WriteLine("Radius: {0}, Area: {1}", r, areaCircle);
         Console.ReadLine();
      }
   }
}

Kalo kamu compile dan eksekusi kode di atas, hasilnya bakal jadi begini:

Enter Radius: 
3
Radius: 3, Area: 28.27431

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *